Serba Serbi Universitas Airlangga


Hey there guys, Welcome to Airlangga University!

Universitas Airlangga atau yang biasa disebut UNAIR merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia. Karena berada di ujung timur pulau jawa, maka Universitas ini juga populer di wilayah Indonesia tengah dan timur. Buat kamu yang mau melanjutkan studi di UNAIR baik itu S1, S2, dan S3, belum pernah menginjakkan kaki ke kampus ini, atau bahkan belum pernah mengunjungi kota Surabaya, ada baiknya kamu mengetahui hal-hal ini sebelum memulai studi. Apa sajakah itu?

1. Peringkat ke 4 Universitas terbaik di Indonesia.
Menurut QS World University Ranking 2016/2017, Universitas Airlangga merupakan universitas terbaik ke-4 di Indonesia setelah UI, ITB, dan UGM. UNAIR juga menduduki peringkat ke 190 dalam daftar QS University Ranking di Asia.

2. Punya 4 Rumah Sakit
Universitas Airlangga memang terkenal dengan fakultas kedokterannya. Sejak pertama kali berdiri pada tahun 1954 oleh kolonial belanda, Universitas ini pada mulanya ditujukan khusus untuk kedokteran. Oleh karena itu pada 2 Januari 1849 berdirilah NIAS atau Nederlandsxh Indische Artsen School sebagai sekolah pendidikan dokter di surabaya.
Seiring berjalannya waktu, untuk mendukung perkembangan ilmu kedokteran di Universitas ini, dibangunlah 4 rumah sakit besar, yaitu Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA), Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM), Rumah Sakit Hewan, dan Rumah Sakit Penyakit Tropik Infeksi.


3. Punya 34 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)
Hobi main kartu? ada UKM Bridge. Hobi bela diri? Lengkap, dari Silat sampai Ju-Jitsu. Hobi naik kuda atau panahan? ada juga. Pokoknya kegiatan ekstrakurikuler (UKM) disini lengkap. Jadi dijamin kegiatan belajarmu gak akan bosan karena ada banyak kegiatan tambahan disini.


4. Ada 3 Kampus Terpisah
Universitas Airlangga terbagi menjadi 3 kampus, yaitu kampus A, B, dan C. Kampus A terdiri dari program studi Kedokteran dan kedokteran gigi. Kampus B terdari program studi rumpun IPS kecuali farmasi (Rencananya Fakultas farmasi ini akan segera dipindahkan ke kampus C). Terakhir kampus C yang terdiri dari program studi rumpun IPA.

Kampus C ini merupakan kampus utama, dimana beberapa bangunan inti terletak pada kampus C ini, seperti rektorat, Airlangga Convention Center (ACC), RSUA, Gedung UKM, Asrama mahasiswa, dan ada juga danau yang asik buat jogging atau santai sore-sore.

5. Ada 7000 Mahasiswa baru setiap tahunnya.
UNAIR menerima paling tidak 7000 mahasiswa baru setiap tahunnya baik itu D3, S1, S2, dan S3. Diantara semuanya, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) merupakan fakultas dengan jumlah mahasiswa terbanyak. Bahkan konon katanya 1/3 mahasiswa UNAIR terdiri dari mahasiswa FEB. Maka tidak heran fakultas ini menjadi sangat ramai dan memiliki beberapa masalah seperti terbatasnya lahan parkir. Buat kamu yang akan menghuni fakultas ini, siap-siap ya.

6. Poliklinik gratis untuk Mahasiswa.
Sakit atau kurang enak badan? gak usah pusing, langsung saja datang ke poliklinik. kamu akan dilayani dan diberi obat dengan gratis. Disini juga ada poli gigi yang gratis untuk beberapa perawatan tertentu seperti scalling dan cabut gigi. Cukup tunjukkan KTM saja, mudah kan?!

7. Universitas Negeri Dengan Jurusan Ekonomi Islam (Syariah) Pertama Di Indonesia
Pada tahun 2006, Universitas Airlangga resmi mendirikan program studi baru yaitu Ekonomi Islam. Ekonomi islam atau ekonomi syariah bukanlah jurusan baru, namun program studi ini tentu menarik karena merupakan program studi ekonomi "berbau" islam pertama yang ada di Universitas negeri.
Prodi ini didirikan karena pesatnya perkembangnya industri keuangan syariah di Indonesia, baik lembaga keuangan bank maupun non bank. Sekarang, prodi ini sudah memiliki akreditasi A dari BAN-PT, serta menjadi pioner perkembangan jurusan ekonomi islam/syariah lain di universitas-universitas Indonesia.

8. Ada American Corner di Perpustakaan Kampus B.
Banyak yang belum tahu kalau di lantai 3 perpustakaan kampus B ada yang namanya American Corner. Ini tempat yang bagus buat kamu-kamu yang mau melatih bahasa inggris sekaligus belajar dan cari teman. Setiap minggu biasanya ada acara rutin dan sering juga mengundang bule-bule dari berbagai negara (gak cuman Amerika) untuk menjadi tamu, jadi kita bisa sekalian tambah teman international disini.

9. Ada berbagai macam organisasi dan kelompok orang.
Seperti sebagaimana kampus pada umumnya, Universitas merupakan tempat dimana ada banyak organisasi dan kelompok manusia didalamnya. Kamu juga bebas mau bergabung dengan kelompok yang mana. Mau yang hobi belajar, ada. Hobi shopping dan hedon, ada. Hobi ikut kompetisi, ada. Hobi bolos kuliah, ada juga. Bahkan yang hobi ngerokok dan minum miras juga ada.

Organisasi juga macem-macem. Ada organisasi agama yang sangat islami, organisasi yang agak radikal dan komunis, organisasi yang kental dengan politik juga pastinya ada. Jadi, jangan kaget ya. Pintar-pintarlah bergaul dan memilih teman. Teman yang baik akan membawa pada kebaikan, dan teman yang buruk juga akan membawa pada keburukan.

10. Shuttle bus gratis antar kampus.
Seperti yang sudah kita ketahui bahwa UNAIR terbagi menjadi 3 kampus. Nah untuk memfasilitasi transportasi, pihak Universitas menyediakan shuttle bus gratis yang rutin berkeliling setiap universitas untuk mengangkut mahasiswa. Ini sangat membantu terutama bagi mahasiswa dengan mobilitas tinggi antar kampus tapi tidak punya kendaraan pribadi.

11. Danau kampus C, tempat asik buat refreshing.
Kalau kamu lagi suntuk kuliah, atau butuh tempat untuk menenangkan diri, maka danau kampus C bisa jadi pilihannya. Danau ini punya banyak ikan yang berwarna-warni, jadi asik kalau kita cemplungin makanan karena mereka pasti akan rebutan untuk makan. Biasanya ada orang yang jual makanan ikan seharga Rp2000 di pinggir danau. Lumayan buat iseng. Selain itu dipinggiran danau juga ada jogging track, jadi kamu bisa sekalian olah raga disini.

12. Punya banyak Link dan Program International.
Mau student exchange ke luar negeri? bisa. Mau ikut lomba atau jadi volunteer di luar negeri? gampang. Universitas Airlangga menjalin relasi di banyak universitas luar negeri, dan juga turut aktif dalam berbagai kegiatan internasional. Kamu bisa dengan mudah mencari informasi tersebut di website resmi International Office and Partnership UNAIR. Jangan sampai tidak dimanfaatkan yaa, karena pastinya kamu akan dapat banyak pengalaman lewat program-program ini!


Oke, sekian dulu tentang Universitas Airlangga. Kalau ada pertanyaan, jangan sungkan ditanyakan. :D

You Might Also Like

1 Comments