#Quick Review Kuliner Medan

Beberapa bulan lalu ada kakak sepupu yang nikahan. Jadilah kami sekeluarga berangkat ke medan selama 3 hari 2 malam. Saya ini blasteran Jawa-Sumatra, jadinya hampir semua jenis kuliner tradisional Indonesia bisa cocok di lidah saya. Apalagi kuliner Sumatra Utara sudah berasimilasi dengan kuliner Arab dan India menjadikan kuliner di wilayah ini sangat kaya akan rempah-rempahan.

Nah, meskipun kami hanya mengunjungi Medan dalam waktu yang singkat, tapi kami sukses untuk wisata kuliner di berbagai tempat. Bahkan 1 porsi makanan sengaja dimakan ber 5 biar perut ini gak keburu penuh karena memang ada banyak sekali makanan yang kudu dicobain dalam 1 malam!
Apa saja kah itu?

Sate padang! salah satu makanan kesukaan saya. Ya sebenernya di Tangerang juga banyak sih sate padang. Tapi memang waktu itu lagi kepengen aja makan sate padang. And yes, sate padang di Medan hampir-hampir tidak pernah mengecewakan.

Ini sate kerang dara. Kerang itu salah satu makanan kesukaan saya. Tapi karena karakteristiknya yang diam di tempat, kerang seringkali menyerap racun berbahaya jika lautnya tercemar (Berbeda dengan ikan yang bisa langsung pindah berenang kalau lautnya kotor). Oleh karena itu, saya sangat pilih-pilih kalau mau makan kerang. Nah setiap kali datang ke Medan, saya selalu menyempatkan diri untuk makan kerang. Hal ini karena laut di sumatra utara tidak se-kotor laut Jakarta. Jadi makan kerang disini Insyaallah aman.


Kalau yang ini nasi kebuli. Karena di medan banyak orang India, maka kuliner yang satu ini cukup mudah ditemukan. Selain itu, nasi kebuli asli buatan orang arab atau india tentu rasanya lebih nikmat! 
Ini Nasi kebuli juga, tapi versi ayam. Meski pakai ayam, kita akan tetap dikasih kuah kari kambing yang lezat.
Coba tebak minuman apa ini? Yups, STMJ. Rasa jahe merahnya nendang, dan rasanya enak. Tapi kalau dilihat dari perpaduan madu dan susu kental manisnya, bisa ditebak lah ya, kalau buat saya minuman ini terlalu manis. mungkin next time bisa request biar madu dan susu kental manisnya jangan banyak-banyak.

Nah ini dia nih, juaranya mie rebus. Mie Rebus Aceh! Kuahnya kental dan sangat kaya rempah-rempahan. Ada berbagai macam seafood juga didalamnya, menjadikan Mie ini semakin kaya rasa. Rasanya gak kalah nikmat dengan Mie Aceh pada umumnya. Yes, Mie Aceh never disappointing. :D

Ini juga menu wajib, Kerang Dara Rebus. Yes, cuman kerang dara yang direbus biasa. dilengkapi dengan saus kacang dan sambal yang khas untuk cocolan kerang ini. Perasan jeruk nipis membuat rasa kerang semakin segar.

Look at those fresh scallops! It's fresh, chewy, and sweet at the same time.

Kalau yang ini namanya Lontong sayur Medan. Biasa dijual pagi hari untuk sarapan. Apa yang beda dengan lontong sayur ini dengan lontong sayur biasa? Pertama, rasa kuah santannya lebih kompleks karena dipadukan dengan rempah-rempah yang kaya. Kedua, ada campuran tauco medan yang semakin meningkatkan cita rasa. Lalu yang ke-3, jenis isiannya ada banyak, seperti lontong, bihun, labu, bawang goreng, ayam, telur, dan ada sesuatu semacam cakwe(?) mungkin.

Soto itu merupakan warisan kuliner nusantara yang sangat unik. Bagaimana tidak, setiap daerah hampir selalu punya jenis soto yang berbeda. Bahkan konon katanya, ada sekitar 35 Jenis soto yang berbeda dari Sabang sampai Merauke loh. Nah, yang di atas itu tentunya Soto khas Medan. Soto ini punya kuah santan yang kental dengan rasa yang "bold". Bisa pakai daging ayam atau sapi, keduanya sama enaknya. Padukan Soto ini dengan nasi hangat, dan kita akan merasakan suatu kebahagiaan hidup.

You Might Also Like

0 Comments