Waspada Pola Makan Dan Pola Hidup Yang Salah, 5 Tips Bekerja Selama Masa PSSB.

Hari ini, 13 April 2020, situs World Meter menunjukkan statistik penderita dan korban COVID-19 yang semakin hari semakin mengkhawatirkan. Lebih dari 1,8 Juta orang terinfeksi, dan 114.247 orang meninggal akibat virus ini.

31 Maret 2020, Presiden Jokowi mendandatangani peraturan terkait PSSB.

Jumat, 10 April 2020, Gubernur Jakarta Anies Baswedan menerapkan PSSB untuk kota Jakarta selama 14 hari kedepan hingga Kamis 23 April 2020.



Bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah tentu memiliki tantangan tersendiri. Beberapa divisi atau industri perusahaan mungkin ada yang tidak keberatan dengan bekerja dari rumah, karena memang keseharian mereka bekerja dengan sistem online.

Masih banyak perdebatan mengenai produktivits dalam bekerja dirumah atau remote working. Penelitian yang dilakukan oleh Airtasker disini menunjukkan bahwa remote working bisa jadi lebih baik daripada bekerja normal. Namun tentunya dengan berbagai macam pertimbangan.

Selain itu, yang seringkali luput dari perhatian adalah pola makan dan pola hidup yang salah selama masa work from home. Snacking yang barangkali tidak terkontrol, dan waktu bekerja yang hampir sebagian dihabiskan dengan duduk atau berbaring, adalah salah satu yang wajib kita waspadai.

Kerja dari rumah, berarti tidak perlu buru-buru bangun untuk sarapan. Sarapan bisa disiapkan kapan saja. Dan di rumah bisa jadi ada banyak cemilan-cemilan yang sengaja di stok untuk mengatasi rasa iseng di mulut. Maka sering kali pula berat badan akan meningkat selama masa work from home.

Agar pola makan dan pola hidup tidak salah selama masa work and study from home, maka perhatikan tips berikut ini:



1. Tetap Disiplin Waktu

Bekerja dari rumah berarti tidak ada waktu yang terbuang untuk perjalanan dari dan ke rumah. Usahakan tetap bangun pagi seperti biasa, dan manfaatkan waktu tersebut untuk melakukan olahraga singkat seperti HIIT, juga menyiapkan sarapan sehat sendiri di rumah.

Tetapkan waktu sarapan, makan siang, dan makan malam seperti biasa. Jika berencana untuk snacking, maka pastikan juga waktu dan jumlahnya.

Ingat ya, Kamu kerja dari rumah, yang berarti aktivitas mungkin tidak sebanyak biasanya dan kalori terbakar pun akan lebih sedikit. Jadi bijak-bijaklah mengatur porsi makanan dan snacking,

2. Atur waktu untuk peregangan (stretching)

Terlalu banyak duduk, selonjoran, atau berbaring tidak baik untuk kesehatan. Banyak penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa berdiri dan berjalan bisa meningkatkan kesehatan dibandingkan duduk yang terlalu lama, seperti pada artikel ini dan juga ini.

Atur waktu di timer smartphone Kamu untuk melakukan stretching setiap paling tidak 90 menit sekali, jalan-jalan sejenak di sekeliling rumah, atau sedikit melompat-lompat.

3. Buat rencana kerja to-do list.

Ini trik lama yang tak pernah usang. Pekerjaan dan pembelajaran apa yang harus diselesaikan hari ini? Ambil secarik kertas dan tuliskan. Coret setiap kali salah satunya selesai, dan lanjutkan ke pekerjaan berikutnya.

4. Hindari dan jauhkan hal-hal yang bisa mendistraksi.

Distraksi juga menjadi tantangan tersendiri. Jenisnya bermacam-macam, mulai dari hewan peliharaan, anak bayi atau anak kecil, televisi, dan tentu saja Smartphone kesayangan Kamu!

Cari-cara agar bisa meminimalisir distraksi, seperti memasukkan kucingmu kedalam kandang, minta tolong keponakan untuk mengurus bayi,  dan mungkin meletakkan Smartphonemu di ruangan yang terpisah.

5. Lakukan hobi lama Kamu yang belum pernah tersalurkan.

Oke, selama masa PSSB, mungkin pekerjaan Kamu tidak terlalu banyak dan itu berati Kamu akan memiliki banyak waktu luang. Bagaimana kalau kita coba melakukan hobi lama yang selama ini belum pernah tersalurkan?

Coba lihat buku-buku mana saja yang udah dibeli tapi gak pernah dibaca? Alat musik kesayanganmu mungkin menunggu untuk kembali dimainkan, atau belajar bahasa asing juga terdengar seperti ide yang menarik kan?

Pandemi Corona mungkin akan memakan waktu yang lama untuk kembali normal dan mereda. Hampir semua orang di semua negara mengalami situasi ekonomi yang kacau. Untuk saat ini yang bisa kita lakukan adalah banyak berdoa, menolong sesama bagi mereka yang membutuhkan, support tim medis, dan #DirumahAja agar tidak memperburuk situasi pandemi.

You Might Also Like

0 Comments