Kamis, 10 Desember 2020

8 Jenis Perang (Warfare) di Era Modern

                          

Kalau kalian mengira "Perang" hanya sebatas tembak-tembakan atau bom-boman, maka kini saatnya kita berfikir lebih dalam lagi. Secara umum, Perang adalah cara bagi suatu kelompok atau negara untuk “menaklukkan” kelompok atau negara lainnya. Dalam Era modern, perang ini lebih dari sekedar penaklukan wilayah. Apa saja itu?

1.Physical Warfare

      Ini adalah tipe perang yang paling terlihat jelas mana kawan, mana lawan. Segala jenis bedil-bedilan, tembak-tembakan, Bom-boman baik di darat, laut, dan udara yang mengancam nyawa manusia secara langsung, adalah termasuk Physical warfare.

Pro: Bisa menaklukkan suatu negara atau memperbudak suatu negara dalam waktu singkat.
Kontra: Dampak kerusakan sangat besar, dan biaya perang serta perbaikan setelahnya sangat mahal. Jenis perang ini juga bisa sangat jelas menunjukkan siapa orang jahat, dan siapa orang baik. sehingga kelompok atau negara yang diperangi lebih mudah untuk berjuang sampai mati melawan “orang jahat” itu.

Di era modern, Physical warfare adalah perang yang paling dihindari oleh semua negara, dan biasanya menjadi opsi terakhir jika 7 jenis perang lainnya tidak sukses dilakukan.
  
      2. Chemical Warfare
      Perang menggunakan bahan kimia. Pada era perang dunia, Chemical Warfare adalah perang dengan menggunakan bahan kimia pada senjata mereka di medan pertempuran. Zat kimia ini bisa berupa semprotan kimia yang membutakan, gas kimia yang merusak paru-paru atau sistem motorik.

      Namun dalam era modern, Chemical warfare bisa berupa memasukkan bahan kimia berbahaya dalam jumlah diatas normal pada tanaman pangan dalam bentuk pestisida dan insektisida, atau dalam produk lain yang dikonsumsi, dengan tujuan menghambat kecerdasan suatu bangsa agar tidak bisa berkembang, atau merusak kesehatan dengan kanker agar memiskinkannya.

      3. Biological Warfare
      Perang menggunakan organisme berbahaya, baik virus, bakteri, atau serangga sebagai wabah (misalnya nyamuk) atau serangga sebagai penghancur tanaman pokok (misalnya belalang atau kutu). Orgainsme yang dijadikan alat perang ini biasanya sudah “dimodifikasi” secara genetika sehingga lebih kuat, lebih ganas, dan bisa berkembang biak lebih cepat.

       4. Economical Warfare
      Perang untuk mendominasi perekonomian suatu negara, sehingga membuat negara yang dituju tidak mandiri atau terikat secara perekonomian. Cara yang ditempuh bisa berupa mendominasi produk buatan negara tersebut ke negara lain dengan harga murah, mendominasi mata uang, juga yang paling besar adalah menjebak suatu negara dengan Utang (Bisa disebut juga Financial Warfare)

       Utang bisa diberikan oleh kreditur dengan sangat mudah, namun bunganya besar, dan secara bertahap mata uang debitur akan didepresiasi sehingga membayar utangnya ke kreditur akan lebih mahal dikemudian hari. Mekanismenya dibuat  sedemikian rupa agar utang tidak bisa dilunasi. Tujuan memberi utang ini tidak hanya agar negara kreditur bisa medapat profit, tapi juga agar negara kreditur bisa berkuasa di negara debitur. Karena secara umum, negara yang berutang derajatnya lebih rendah daripada negara pemberi utang.

 
       5. Ideological Warfare
       Perang untuk menyebarkan ideologi apapun itu baik paham politik, ekonomi, ataupun agama. Meskipun ada sumber yang memisahkan antara ketiga jenis ini, tapi disini akan saya satukan karena secara umum punya konsep yang sama. Cara yang ditempuh bagi perang ideologi ini bisa macam-macam, misalnya memberi hadiah jika setuju dengan ideologi tersebut dan mau menjadi penganut atau anggota kelompoknya, ancaman pembunuhan jika tidak mengikuti ideologi tersebut, atau membuat “kambing hitam” bagi suatu paham agar paham tersebut dinilai buruk (Terorisme).

           6. Cultural Warfare
       Perang budaya dengan dua tujuan utama. Pertama, menyebarkan paham budaya ke negara lain. Kedua, membuat rakyat negara tersebut kehilangan identitas dan kecintaan terhadap negaranya sehingga berakibat hilangnya jiwa nasionalisme dan patriotisme.
 
       7. Technological Warfare
      Ada yang mengkatagorikan ini sebagai perang, ada yang bukan. Tapi yang jelas, Teknologi mensupport 6 jenis perang diatas menjadi lebih efektif dan efisien. Teknologi bisa membuat senjata lebih canggih, mengembangkan bahan kimia yang lebih efektif, merekayasa organisme bakteri atau virus agar lebih ganas, membuat sistem keuangan elektronik, dan menyebarkan paham ideologi dan budaya lebih efektif dan murah.

Mereka yang mengembangkan teknologi lebih cepat akan bisa mendominasi dunia lebih cepat.

       8. Geopolitical Warfare
Perang geopolitik adalah perang untuk berebut kekuasaan politik dalam suatu wilayah geografis di bumi. Perang geopolitik merupakan cara suatu negara besar untuk “berkuasa” di negara-negara yang lebih kecil atau lebih lemah darinya, dengan tujuan agar bisa medapat sumber daya alam, makanan, hingga tenaga kerja (buruh) yang murah untuk produksi. Geopolitical ini sangat kompleks dan biasanya akan melibatkan 7 warfare lain didalamnya




Hey, my name is Dila. welcome to my blog. Hope you can enjoy it. feel free to write any comments below, and tell me what comes into your mind!

Comments


EmoticonEmoticon