Kesehatan Mental Dan Klaim Anak Generasi Zaman Sekarang Lemah? (Part 1)

Banyak orang mengira anak generasi sekarang lemah. Sedikit-sedikit mental health, sedikit-sedikit ke psikologi.

Ya, ini ada benar dan salahnya juga. Seiring dengan banyak artikel tentang kesehatan mental di Internet, orang dengan mudah mendiagnosa sendiri kalau sudah kena gangguan mental seperti depresi, bipolar, Schizophrenia, dan lainnya. Namun, untuk memastikan apakah Kamu menderita penyakit mental, butuh bantuan dari psikiater profesional. Tidak bisa sembarangan memvonis diri mengidap penyakit mental.

Meski begitu, anggapan generasi zaman sekarang lemah karena sedikit-sedikit mental health, perlu ditelaah lebih lanjut lagi. Benarkah memang karena mereka manja? Atau karena mereka memang mendapat tekanan mental yang berat, sehingga merasa perlu konsultasi kepada ahli sebelum menjadi lebih buruk?

Jika memang demikian, bukankah berarti justru anak generasi sekarang malah generasi yang kuat dan sadar akan kelemahan diri sendiri? Mereka tidak sungkan pergi ke profesional untuk menceritakan tentang kondisinya, dan mereka ingin bisa “sembuh” dari itu?


Jadi, apa itu kesehatan mental?

Kesehatan mental adalah ukuran kesejahteraan psikologis, sosial, dan emosional seseorang. Faktor Ini mempengaruhi cara kita berpikir, merasa dan bertindak. Kesehatan mental yang buruk tidak hanya menyebabkan penyakit mental seperti kecemasan dan depresi, tetapi juga dapat mempengaruhi kesehatan fisik. Orang-orang dari segala usia dapat meningkatkan atau mempertahankan kesehatan mental yang baik dengan kondisi hidup yang baik pula.

Penyakit mental (mental illnes) dan kesehatan mental (Mental Health) adalah dua hal yang berbeda, meskipun kadang dua hal itu saling mempengaruhi satu sama lain. Orang dengan kesehatan mental yang buruk mungkin tidak memiliki penyakit mental. Sebaliknya, orang dengan penyakit mental masih bisa memiliki kesejahteraan fisik, sosial dan mental.

Meningkatkan dan memelihara kesehatan mental yang baik adalah penting bagi setiap orang dengan atau tanpa penyakit mental.

“Kesehatan mental yang baik sangat penting untuk menciptakan kehidupan yang kita inginkan.”

Menjaga kesehatan mental mirip seperti orang yang memilih untuk menjaga hidup sehat, seperti makan dengan baik atau berolahraga agar tetap sehat secara fisik. Kita dapat mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kesehatan mental sehingga  kita bisa lebih siap menghadapi stres, memiliki hubungan yang baik, berkontribusi pada masyarakat, tetap sehat dan produktif.

Biasanya, orang yang didiagnosis dengan penyakit mental tidak hanya memiliki rencana pengobatan dan psikoterapi, tetapi juga mendapat manfaat dari strategi untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan mental secara keseluruhan.

... (Lanjut ke Part 2)

--------------------------------------------------------------------

Iklan ada di sini

Komentar

Archive

Formulir Kontak

Kirim