Ayo Jaminkan Setiap Rupiah Kita Dengan Emas!




Saya masih ingat, awal tahun 2019 lalu saya membuka rekening tabungan emas di Pegadaian.

Produknya pegadaian ini menarik minat saya, karena kita bisa beli emas dan langsung otomatis terdeposit dalam akun rekening emas milik kita.  Jadi konsepnya adalah menabung emas, dimana nilainya bisa naik dan turun sesuai nilai emas saat itu.

 

Kalau kita punya 11 juta rupiah, maka rekening pegadaian kita akan berisi 10 gram emas. BUKAN rupiahnya, tapi gram emasnya. Emas ini pun nantinya bisa dijadikan bentuk emas fisik jika diinginkan. Dengan tambahan biaya tentunya

 

Tentunya ini bukan tabungan yang ditujukan untuk jangka pendek, karena ada selisih harga jual dan harga beli emas. Pastinya harga kita beli emas, akan lebih mahal daripada harga kita jual emas. Beda harganya bisa sekitar 80ribu sampai dengan 100 ribu per gramnya.

 

Meski begitu, saya tetap tertarik, karena kita tidak perlu pusing simpan emas di rumah, yang bisa khawatir dicuri atau dirampok orang jahat.

 

Tahun 2020, ada juga produk rekening emas serupa bernama Dinaran, dimana setiap rupiah yang kita simpan di Bank Dinaran, akan dikonversikan langsung dengan emas. Lebih keren lagi, karena Dinaran sudah terintegrasi dengan sistem pembayaran GPN, kita bisa langsung pakai emas kita untuk transaksi di merchat yang menggunakan EDC GPN di seluruh Indonesia. Bahkan sedang dalam tahap pengembangan pembayaran untuk sistem Barcode QRIS Payment

 

Dinaran ini akan mengkonversikan rupiah kita langsung kedalam gram emas. Misal kita punya 11 juta, dan dimasukkan kedalam rekening dinaran, maka yang muncul adalah nominal 10 gram emas. Emas ini apabila ingin dibelanjakan, sistemnya akan otomatis merubah kembali emas tersebut menjadi rupiah, barulah uangnya bisa digunakan untuk belanja, atau transfer ke rekening bank lain.

 

Ini adalah produk yang menurut saya sangat cerdas dan revulusioner. Dalam jangka panjang, bisa jadi akan menyelamatkan nasib keuangan banyak orang.

 

Kita sudah tahu bahwa dalam sistem ekonomi yang berjalan saat ini, ada “pencuri misterius” bernama INFLASI. Dibilang misterius karena dia tidak mencuri fisik nominal uang kita, tapi dia bisa mencuri Nilai atau Value dari uang kita.

 

Uang kertas 3 Juta sekarang bisa beli kambing besar. Uang kertas 3 juta yang sama sekarang, 10 tahun lagi mungkin cuman bisa beli kambing kecil, dan 30 tahun lagi mungkin cuman bisa buat beli Ayam.

 

Jadi, ada yang “mencuri” uang kita. Dan pencuri misteris itu bernama Inflasi.

 

Beruntungnya, Inflasi ini tidak bisa mencuri value dari logam mulia (precious metal), seperti Emas dan perak. Emas, perak, perunggu, sudah terbukti ribuan tahun lalu, sejak zaman romawi kuno hingga detik ini, Sebagai instrumen keuangan yang solid nilainya.

 

3 gram emas setibu tahun lalu bisa beli kambing. 3 gram emas sekarang bisa beli kambing. 3 gram emas seribu tahun kedepan pun akan bisa buat beli kambing.

 

Jadi, masih belum mau nabung emas dan perak?


 

You Might Also Like

0 Comments