8 Faktor Penting Yang Mempengaruhi Kesuksesan Karir (Nomor 5, 5, dan 7 bisa jadi yang paling berpengaruh!).

 Ada banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan karir di masa depan. Saya mau sharing setidaknya ada 7 faktor penting. 

1.Lingkungan kerja yang mendukung
Bersyukurlah kalau kamu punya tempat kerja yang mendukung, bos yang supportive, dan rekan kerja yang asik. Ini adalah faktor utama mengapa banyak orang resign dari pekerjaannya. Kalau kamu punya ingkungan yang supportive, berarti akan ada peluang bagimu untuk bertahan lama di perusahaan itu, mengerjakan pekerjaan dengan baik, dan lebih berkembang kedepannya.

2. Pendidikan
Meskpin tidak selalu, namun orang yang punya pendidikan tinggi akan lebih punya kesempatan untuk dipromosikan ke jenjang karir berikutnya. Ada posisi-posisi tertentu di suatu perusahaan, misalnya supervisor keatas, yang hanya menerima lulusan sarjana S1 atau master S2.

3. Pelatihan dan kursus yang diikuti
Ketika kamu punya suatu keunggulan atau skill yang tidak dimiliki rekan lain, maka kemungkinan kamu naik jabatan akan semakin besar pula. Selalu belajar, ikuti kursus dan pelatihan. Kamu akan dinilai sebagai orang yang selalu terpacu untuk berkembang di masa depan.

4. Pembawaan personal.
kualitas diri adalah faktor yang sangat dinilai dalam perkembangan karir dan kenaikan jabatan. Apakah kamu orang yang dewasa? Apakah kamu bisa mengontrol emosi? Apakah kamu bisa mengatur tim dan punya ledership yang baik? Apakah kamu berpenampilan menarik dan bisa meningkatkan image perusahaan? Apakah kamu gigih dan pekerja keras?

5. Kedekatan Dengan Bos dan Atasan.
Kerja keras siang malam saja gak cukup! Beberapa penelitian menunjukkan, mereka yang dekat dengan atasan, pintar memuji atau menyanjung atasan, punya kesempatan lebih tinggi untuk dipromosikan ke jabatan berikutnya, lebih mudah minta naik gaji, dan lebih mudah minta izin cuti.

Bahkan sering kali kita dengar cerita dimana orang yang sebenarnya kerjanya biasa aja, tapi karena pintar menempatkan diri dengan atasannya, maka entah kenapa dia bisa naik jabatan dengan lebih cepat.

6. Menjatuhkan Orang Lain.
Orang licik dan brengsek yang haus jabatan itu ada! Mereka bisa saja menjatuhkan orang-orang hebat di lingkungan kerja jika mereka tau mereka mengancam karirnya. Mereka bisa bikin kita kerja gak nyaman, gosipin kita di belakang, cari kesalahan kecil kita, buka aib kita, dan sebagainya. Intinya bikin kita gak nyaman dan resign.

7. LUCK!
Yes, ini juga jadi salah satu faktor terbesar yang mempengaruhi kesuksesan karir seseorang. Bisa jadi di suatu cabang tempat kita bekerja, atasan kita tiba-tiba resign dan dipecat. Lalu kita diminta menggantikannya.

Bisa jadi perusahaan mau buka cabang di kota baru, dan kita diminta jadi kepala cabang karena kita rang dari daerah sana dan paham betul daerah itu.

Bisa jadi ada orang yang sebenarnya lebih layak dari kita untuk naik jabatan, tapi tiba-tiba dia resign karena mau pindah kerjaan, dan kita yang diangkat.

Jadi nikmatilah segala prosesnya. Kita gak pernah tahu apa yang akan terjadi kedepannya. Salam sukses selalu.

Komentar