Solo Travelling Ke Pulau Harapan, Ternyata Menyenangkan!

 Berawal dari hobby berenang

Beberapa bulan belakangan ini aku lagi hobby berenang. Awalnya gara-gara tulang punggung yang gampang banget sakit kalau duduk kelamaan saat kerja.
Nah setelah rutin berenang hampir tiap minggu, perlahan sakit pinggangku mulai jauh berkurang.
jadilah kegiatan berenang ini menjadi hobby di waktu weekend.

Tapi, kalau cuman berenang biasa aja tentunya gak menantang dong ya. Jadinya aku mulai melatih paru-paru ini untuk mulai bisa menyelam tipis-tipis alias Freediving!

Ya meskipun saat ini belum jago-jago banget freediving nya, paling enggak ada progress yang lumayan lah ya. Karena itu, aku mulai pengen menjajal kemampuan menyelamku di laut sambil snorkeling. 

Tempat snorkeling paling dekat di Jakarta tidak lain dan tidak bukan tentunya ada di kepulauan seribu. Aku mulau survey lokasi mana aja yang kira-kira cocok dan enak buat snorkeling, dan ketemulah sama pulau harapan!

Mencari Travel Open Trip Ke Pulau Harapan

Biaya open trip ke pulau harapan sekitar 350rb, berangkat dari pelabuhan Kaliadem, Muara Angke di Jakarta Utara. Naik kapal nelayan tradisional selama 3-4 jam.
Ada juga via Marina Ancol naik kapal cepat, hanya sekitar 1,5-2 jam. Biayanya tentu saja lebih mahal sodara-sodara, kalau gak salah hampir 950rb.

Jadinya demi alasan efisiensi, marilah kita ambil paket tip yang paling murah.

oke, destinasi udah ditentukan,  kini mulailah ngajakin temen siapa aja yang kira-kira mau ikut.
Awalnya ada 2 orang yang pengen ikut, nih.
tapi akhirnyaa... yaah mereka PHP, membatalkan ikut padahal udah bayar DP 30%

Jadiii..., 
aku memberanikan diri untuk solo traveling pertama kalinya ke pulau harapan! yeah!
Mama sempet khawatir karena aku berangkat ke pulau harapan sendiri, tapi yah karena dulu udah pernah ke pulau Wetar di NTT, jadi aku percaya diri kalau sepertinya perjalanan ke pulau harapan akan jauh lebih mudah.

Selanjutnya, dimulailah perjalanan menuju ke pulau harapan.

Perjalanan ke Pulau Harapan Dari Tangerang

Hari Sabtu pkl 05:30 aku berangkat dari rumah ke stasiun Tangerang, dan turun di stasiun Grogol.
tiba di stasiun Grogol, langsung sambung naik bus transjakarta ke arah Pluit.
Sesampainya di halte Pluit, masih harus sambung lagi naik gojek ke pelabuhan Kaliadem,  Muara Angke.

kira-kira pkl 07:10 aku tiba di pelabuhan Muara Angke untuk bertemu dengan PIC yang akan membagikan tiket kapal.

Selfie dulu sampai pelabuhan

Aku cukup kaget melihat pelabuhan kaliadem ini udah sangat bagus dibandingkan duluuu sekali aku kemari. Interiornya berasa seperti di Bandara, bersih!

Siap-siap naik ke kapal

Nah, ini dia kapal yang mau aku naikin. Kapal tradisional yang... yaah... begitulah ya sodara-sodara. Jangan berespektasi terlalu tinggi karena memang biayanya sangat murah :')



Aku sangat menyarankan kalian untuk buang air dulu di pelabuhan. Di kapal ada toilet sih, tapii ya begitu. kotor, bau, dan gelap. jadi sangat tidak disarankan untuk pakai toilet di kapal tradisional ini.
                                               

Ada mbak-mbak dari Perancis juga yang ikutan di trip kali ini. Selain itu ada om-om dari Belanda, dan kakak-kakak dari Malaysia. Wah, ternyata banyak juga WNA yang liburan kesini.


Kapal ini ada 2 tingkat. Di lantai bawah ada tempat duduknya, tapi kondisinya pengap dan panas. Jadi saranku mendingan di lantai 2. Meskipun panas dengan sinar matahari, tapi setidaknya gak pengap.
ada area yang memiliki atap juga di lantai 2, jadi ada baiknya kalian cari lokasi di lantai 2 yang beratap.

Nah tapi karena aku gak suka di lantai 1 ataupun lantai 2, jadilah aku melipir sendiri ke area depan kapal, dan dapat spot duduk yang asik disini 😎


Apalagi mas-mas petugas kapalnya dengan senang hati menawarkan diri untuk fotoin aku didepan kapal. 😁

Kira-kira, 30 menit pertama di perjalanan, kita akan menemukan banyaknya sampah-sampah di daerah laut jakarta, diiringi laut yang hitam, keruh, dan berbau. Tapi setelah melewati daerah laut yang kotor, perjalana jadi lebih bisa dinikmati.


Perjalanan menuju pulau harapan sangat menyenangkan buatku. Hembusan angin dan goyangan ombak membuat perjalanan semakin terasa menenangkan. sesekali aku ketiduran karena nyamannya perjalanan.

oh iya, Pastikan kamu bawa sunblock dan kacamata hitam ya!
ini dua benda yang akan sangat bermanfaat.

Hari Pertama di Pulau Harapan

Alhamdulillah, setelah hampir 4 jam perjalanan, kita tiba di pulau harapan. Cuaca hari ini sangat cerah, ombaknya tenang, dan kita bisa sampai tepat waktu.

Setelah berlabuh, kita bertemu dengan PIC di Pulau yang bernama Mas Sam, untuk selanjutnya kami akan diarahkan ke tempat penginapan, dan pembagian kamar. 1 kamar homestay diisi oleh 3-5 orang.

Tenang aja, kamar akan dipisah laki-laki dan perempuan. Kamu juga bisa upgrade kamar jika ingin berdua dengan pasangan atau keluarga.

Untuk kamarnya sendiri, sudah dilengkapi AC dan TV. Ada 2 kamar mandi dengan closet duduk. Bagunan homestay yang kami tempati masih terbilang baru, sehingga masih bersih. Sayangnya aku kelupaan fotoin kamar didalamnya nih. 😥

ada si meng yang lagi bobo ciang

untuk kamarnya sendiri, menurutku udah cukup nyaman. Ada AC dan kamar mandinya bersih meskipun airnya asin. lagipula, sebagian besar waktu akan kita habiskan untuk jelajah pulau, jadi untuk kamar yang disediakan menurutku sudah cukup.


Karena waktu sudah menunjukkan pukul 12:00, aku udah sangat lapar, karena pagi gak sarapan, dan sama sekali gak bawa cemilan di kapal. Jadilah semua makanan didalam lunch box siang ini aku habiskan semua tak bersisa, hehehe 


cukup puas dengan makanan yang disediakan. lauknya enak, bahkan ada buah anggur yang disajikan. Porsi nasinya cukup besar. Biasanya aku gak habis untuk porsi sebesar ini, tapi karena udah kelaperan, jadi aku sikat semuanya. selada dan timun pun habis tak bersisa 😎

Setelah makan siang dan sholat Zuhur, kita akan dibagikan alat snorkeling. Disini kita bisa langsung ganti baju renang aja ya gaes, biar gak repot gonta-ganti baju. karena nanti akan ada 2-3 pulau yang dikunjungi, dan akan lebih enak kalau kamu dari awal sudah pakai baju renang.

selanjutnya, kita langsung menuju pelabuhan untuk naik kapal jelajah.

Destinasi pertama adalah menuju ke spot snorkeling.


Perjalanan menuju tempat snorkeling memakan waktu hampir 1 jam. Meskpin agak lama, tapi gak perlu khawatir, karena kita akan disuguhi pemandangan laut dan kepulauan yang sangat indah.

Oh iya, meskipun dalam paket wisata disediakan alat snorkeling, tapi aku sangat menyarankan kalian bawa alat snorkeling sendiri yaa (kalau punya dan kalau memang mau niat beli). Karena alat yang disediakan menurutku kualitasnya agak kurang bagus. Kacamatanya gampang bocor yang sangat menggangu kenyamanan snorkeling. Untuk tour yang aku ikuti ini juga gak disediakan fin atau kaki katak.


Hati-hati dengan karang, karena ada jenis yang tajam dan bikin gatal.


Pemandangan bawah laut cukup bagus dan memanjakan mata. Banyak ikan-ikat yang beraneka ragam yang bisa ditemui, ubur-ubur, dan bintang laut.

Ada dokumentasi foto under water juga dari tour guide nya.

Setelah sekitar 1 jam snorkeling, kita lanjut ke pulau yang berikutnya.


Aku lupa ini pulau apa, kalo gak salah namanya pulau dolphin. tapi yang jelas di pulau ini, kita bisa naik banana boat dan balon donat (Biaya tabahan 50.000/orang).

Aku memilih untuk gak naik keduanya, karena lebih suka eksplore laut di sekitaran pulau. Hampir 2 jam aku snorkeling di pulau ini, yang sukses bikin badan pegal-pegal semaleman.

oh iya, ada toilet dan ruang bilas disini. Kalau kamu bawa baju ganti, kamu bisa ganti baju disini.
Kalau mau gak ganti bajujuga gapapa, karena masih akan dilanjutkan ke pulau yang berikutnya.


Kira-kira jam 4 sore setelah selesai dari pulau dolphin, kita akan menuju ke pulau buatan ini. Di pulau ini gak ada apa-apa. Hanya ada pantai pasir putih aja. Tapi pulau ini cantik banget buat foto-foto


Sekitar jam 5 sore, kita kembali ke kapal untuk balik ke penginapan di pulau harapan. Selama perjalanan, kita bisa menikmati suasana sunset yang sangat indah di kapal.

Setibanya di penginapan, kita akan disibukkan dengan bersih-bersih diri. Bersiaplah untuk antri karena kamar-mandi hanya ada 2. 
Pkl 06.00 sore, makan malam mulai disediakan (Sayangnya lupa difoto).

Makan malam yang disajikan juga gak kalah enak. Menunya daging sapi yang empuk. Seperti biasa, karena aku udah berenang hampir 3 jam, jadi sangat kelaparan dan semua makanan yang disajikan ludes tak tersisa.
Di malam hari, ada acara api unggun dan musik.

Disediakan juga ikan bakar. cuman sedikit dan kita cuman nyicipin aja

Setelah itu, acara bebas. Ada yang ngobrol sama temennya, ada yang jalan-jalan ngerokok.
Tapi karena udah capek, aku langsung sholat isya dan tidur.... 😪


Hari Ke Dua Di Pulau Harapan

Jam 5 pagi, kita bisa melihat sunset yang cantik di pinggir pantai.
pastikan kamu gak ketiduran untuk bisa melihat sunset yang indah ini yaa


Jam 6.30 pagi, sudah dibagikan sarapan. Menu sarapannya ada nasi uduk, telur, dan lalapan.
Pastikan kamu makan banyak, karena setelahnya gak dibagikan lagi makan siang.

jam 07.00 pagi, kita harus udah mulai beres-beras, karena akan ada 2 pulau lagi yang akan dikunjungi. Salah satunya dalah penangkaran penyu.


Di pulau ini, kita bisa bersantai sejenak menikmati keidnahan alam.


Selanjutnya, menuju pulau penangkaran penyu dan mangrove.
Disini ada penyu dengan berbagai ukuran



Ada tukang jualan yang menjajakan minuman, gorengan, dan makanan. Kita bisa beli cemilan disini untuk makan di pinggir hutan mangrove.


Ingat, jangan buang sampah sembarangan yaaa..,
Aku sedih banget lihat banyak orang buang sampah sembarangan.... 😭


Mari kita jaga keindahan alam ini bersama-sama.

Penangkaran penyu ini adalah destinasi terakhir. Yang berarti setelah ini kita akan kembali lagi ke Jakarta. Bonus, foto sama teman-teman baru:


New journey will always bring new friends

Sekian dulu cerita perjalanan pulau harapan ini. Selanjutnya Insyaallah aku pengen menjelajah pulau-pulau di sekitaran yang dekat pulau Jawa. Ada gak ya yang mau jadi Travel Buddies aku untuk travelling bareng? :')
Iklan ada di sini

Komentar

Archive

Formulir Kontak

Kirim