#BedahBuku: Sehat Sejati Yang Kodrati

Kalau seandainya seumur hidup kamu cuma mau atau cuman bisa baca satu buku dengan genre Health/kesehatan, maka pastikan buku ini jawabannya!!

Mungkin rasanya terkesan berlebihan, tapi memang itulah yang saya rasakan. Memang banyak buku-buku kesehatan yang beredar diluar sana dengan penulis-penulis yang hebat. Sebut saja Dr. Mercola, Dr Colin Campbell, Dr. Hiromi Shinya, dan sebagainya. Tapi buku yang ditulis oleh Dr.Tan Shot Yen kali ini sangat berbeda., setidaknya dibandingkan dengan semua buku-buku kesehatan yang pernah saya baca sebelumnya, Hanya buku ini yang benar-benar merubah hidup saya, dari yang semula makan sembarangan dan asal-asalan menjadi makan yang "benar"

Sebelum lanjut lebih jauh, mari kita kenalan dulu sama Dr.Tan Shot Yen.

Berbeda dengan dokter-dokter lain yang biasanya setelah lulus S1 fakultas kedokteran akan langsung lanjut ke pendidikan spesialis, Dr.Tan Shot Yen ini justru mengambil jalur lain, yaitu M.Hum, alias Magister Humaniora, atau lebih detil lagi S2 jurusan filsafat!

Setelah itu beliau lanjutkan dengan pendidikan S3 jurusan gizi komunitas. Menarik bukan?

Salah satu alasan mengapa beliau tertarik pada Filsafat adalah agar bisa lebih memahami sisi aksiologi, ontologi, dan epistemologi dunia kesehatan dan kedokteran. Hal ini membuat beliau lebih memahami tentang hakikat sehat sejati yang kodrati sesungguhnya.

Tidak hanya itu, dengan bahasa yang mudah dipahami masyarakat awam, Dr. Tan Shot Yen berhasil membuat metode atau pola makan yang, sebenernya-bukan-hal-baru-karena-sudah-diterapkan-nenek-moyang-kita-sejak-dulu-tapi-dilupakan-seiring-dengan-kemajuan-zaman, sukses membuat ratusan (atau mungkin ribuan?) pasiennya sembuh dari penyakit-penyakit "moderen" seperti Diabetes, obesitas, kanker, stroke, jantung, dan sebagainya, dimana (katanya) sebagian besar dari mereka tidak minum obat-obatan, tidak menjalani operasi atau kemoterapi.

"Pengobatan" yang diberikan Dr.Tan Shot Yen terbilang unik. Berbeda dengan dokter-dokter pada umumnya yang biasanya sesi konsultasi hanya berlangsung 5 sampai 15 menit, Dr. Tan akan memberi sesi konsultasi kepada pasien baru selama 2 hingga 3 jam!

Jadi, ya kayak dengerin kuliah atau seminar gitu deh.

Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan. Dr. Tan ingin agar pasiennya menjadi orang yang "paham", bukan sekedar "Patuh". Orang yang paham akan menjalankan pola hidup sehat karena kesadarannya sendiri. Sedangkan orang yang patuh hanya akan menjalankan pola hidup sehat karena keterpaksaan. Untuk membuat pasien paham tentu tidak bisa dilakukan dalam 5 - 15 menit kan? Oleh karena itu dibutuhkan waktu hingga 3 jam.

Lalu, pola makan yang seperti apa sih' yang dianjurkan Dokter ini?

Jawabannya sederhana saja: "Konsumsi sayur dan buah segar 5 porsi sehari sebagai sumber karbohidrat yang sehat, Protein nabati dan hewani dari sumber yang baik, dan lemak yang juga berasal dari sumber yang sehat"

Tapi penjelasan dari jawaban sederhana tersebut sangat tidak sederhana, dan tentunya mustahil saya jelaskan disini karena akan sangat panjang sekali. Intinya, Dr. Tan menganjurkan kita untuk makan-makanan yang didapat dari sumber yang "alami", bukan yang didapat dari pajangan supermarket selama bertahun-tahun, yang dimana komposisinya hanya Tuhan dan si produsen yang tau.

Didalam buku Sehat Sejati Yang Kodrati ini, Dr. Tan Shot Yen memaparkan dengan sangat jelas dan lengkap tentang kesehatan, makanan, dan gangguan fungsi tubuh yang umum dialami masyarakat Indonesia, mulai dari bayi, anak-anak, remaja, dewasa, hingga usia senior. Dijelaskan dengan bahasa yang cukup mudah dipahami oleh umum, membuat buku setebal 553 halaman ini menarik untuk dibaca.

Selain itu, karena ditulis oleh orang Indonesia dengan aksen jawa yang cukup "medok", resep-resep makanan yang diberikan juga merupakan resep-resep yang umum ditemui di bumi Indonesia, jadi sangat khas Indonesia dan berasas kearifan pangan lokal.

Tentunya berbeda sekali jika si penulis adalah orang bule yang biasanya akan menyebutkan bahan-bahan makanan yang tidak tumbuh di Indonesia, dan kalaupun ada harganya sangat mahal, kan?

Intinya, buku ini sangat wajib dimiliki oleh kamu yang peduli dengan kesahatan tubuhmu dan keluarga tercinta.

Oh iya, buat kamu yang tertarik untuk mengunjungi Klinik Dr. Tan Shot Yen, ini dia alamatnya:

Gedung perkantoran Bidex, Blok G no 22, BSD City (Sebelum Teras Kota mal), 
Jl. Pahlawan Seribu, Lengkong Gudang, Serpong
Kota Tangerang Selatan, Banten 15321
tlp. 021 53164347 ; Hp. 0856 271 2067

Salam Sehat Selalu!


Judul : Sehat Sejati Yang Kodrati
Penulis : Dr. Tan Shot Yen, M.Hum
Tebal : 553 Halaman
Penerbit : Dian Rakyat 2012
Harga : Rp 100.000

You Might Also Like

2 Comments

  1. Dimana beli bukunya seharga 100 rb? Mohon jawaban di kirim ke alamat email saya : sylvia.apriana@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo,

      Waktu itu saya beli di toko buku di Surabaya, dekat kampus saya. Tapi kayaknya sekarang udah gak 100.000 lagi deh.

      Tapi kamu bisa beli buku bekasnya aja kalau budget lagi terbatas. banyak nih yang jual di online shop.

      Cheers!

      Hapus