Bumi Dalam Al-Qur'an #1 (Bintang)

Hey there guys!
Mungkin beberapa diantara kalian sudah tidak asing dengan konspirasi bumi datar atau Flat Earth yang mulai marak di Indonesia sejak tahun 2016 lalu. Konspirasi ini terbilang unik karena kita seperti dibawa kembali pada masa dulu sekali dimana orang-orang meyakini bahwa bumi adalah datar. Namun berbeda pada penjelasan lama yang kebanyakan hanya berdasarkan kitab-kitab terdahulu, sekarang pemahaman bumi datar dikemas dengan bahasa yang lebih ilmiah, scientific, melalui eksperimen dan uji di lapangan.

Pada tulisan kali ini, saya tidak akan membahas panjang lebar tentang pembuktian ilmiah mengenai bumi apakah datar atau globe. Karena pembahasan yang lebih mendalam sudah dilakukan pada channel youtube disini

Berikutnya, saya ingin menyampaikan kembali tentang bagaimana sistem langit dan bumi sebagaimana yang tercantum dalam Al-Qur'an, kitab suci yang diakui kebenarannya oleh umat islam sejak 1400 tahun lalu.

Cara yang akan saya gunakan adalah dengan meng-Install aplikasi Al-Qur'an online, lalu melakukan search pada kata kunci tertentu.

Karena pastinya akan sangat panjang, maka tulisan ini akan saya bagi dalam beberapa bagian. Kata kunci pertama yang akan saya Search adalah "Bintang".

and this is the results:

1. Bintang sebagai petunjuk arah.
[Al-An'am : 97]
"Dan Dialah yang menjadikan bintang-bintang bagimu, agar kamu menjadikannya petunjuk dalam kegelapan di darat dan di laut. Kami telah menjelaskan tanda-tanda (kekuasaan kami) kepada orang-orang yang mengetahui"
[An- Nahl :16]
"Dan (Dia menciptakan) tanda-tanda (penunjuk jalan). Dan dengan bintang-bintang mereka mendapat petunjuk"

2. Bintang sebagai hiasan.
 [Al-Hijr :16]
"Dan sungguh Kami telah menciptakan gugusan bintang di langit dan menjadikannya terasa indah bagi orang yang memandangnya"
[As-Saffat:6]
"Sesungguhnya Kami telah menghiasi langit dunia dengan hiasan bintang-bintang"

3. Posisi bintang berada diantara langit dan bumi (sebagaimana bulan, matahari, pohon, binatang, dan manusia).
[Al-Hajj:18]
"Tidakkan engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan dibumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunug, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata, dan banyak diantara manusia?"

4. Bintang sebagai lemparan (rajam) bagi setan yang mencuri pembicaraan dari langit.
[As-Saffat :7-10]
"Dan (Kami) telah menjaganya (Langit) dari setiap setan yang durhaka ..... Kecuali (setan) yang mencuri pembicaraan, maka ia dikejar oleh bintang yang menyala"
[Al-Mulk:5]
"Dan sungguh, telah kami hiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang dan kami menjadikannya (bintang-binang itu) sebagai alat-alat pelempar setan..."

5. Hanya Lapisan langit yang dekat dengan bumi yang mempunyai bintang.
[Fussilat : 12]
"... Kemudian langit yang dekat (dengan bumi), kami hiasi dengan bintang-bintang dan (Kami ciptakan itu) untuk memelihara. ... "
[Al-Mulk:5]
"Dan sungguh, telah kami hiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang dan kami menjadikannya (bintang-binang itu) sebagai alat-alat pelempar setan..."

6. Bintang akan berjatuhan ke bumi saat kiamat
[At-Takwir:2]
"Dan apabila bintang-bintang berjatuhan"
[Al-Infitar:2]
"Dan apabila bintang-bintang jatuh berserakan"


Nah, itu dia beberapa hasil dari ayat Al-Qur'an tentang bintang-bintang. sebenarnya ada banyak, tapi hanya saya masukkan beberapa karena ada beberapa ayat yang menurut saya punya makna yang sama.

Jadi, bagaimana menurutmu?

berdasarkan ayat-ayat Qur'an tersebut, mana yang lebih masuk akal?
bumi berbentuk bola atau datar?

Share di kolom komentar ya!

You Might Also Like

1 Comments