Ini Dia, 10 Website E-Learning yang Harus Kamu Coba!

Tahukah kamu  fakta bahwa Google merekrut 80.000 karyawannya dari lulusan online learning Udacity? dan juga, taukah kamu bahwa Indonesia menduduki peringkat ke-6 pengguna E-Learning di dunia?

Sesuai dengan namanya, E-Lerning atau Digital Learning adalah proses pembelajaran yang menggunakan perangkat digital sebagai sarana belajar mengajar. seiring dengan perkembangan teknologi yang berlangsung sangat pesat, E-Learning menjadi media pembelajaran tidak bisa dipandang sebelah mata. Materi yang ditawarkan pun begitu beragam dengan jadwal belajar yang sangat fleksibel. Saat ini, mulai banyak perusahaan yang menerima sertifikat dari lulusan online learning seperti Google, Apple, Microsoft, Amazon, dan masih banyak lagi. Bahkan di beberapa negara, gelar yang didapat dari lulusan online Learning sudah diakui, loh!  Tidak hanya tingkat SD, SMP, dan SMA, tapi juga S1, S2, dan S3! 


wow, menarik kan? so, kamu penasaran bagaimana serunya belajar dengan sistem E-Learning? Ini dia 10 website digital learning yang harus kamu coba: 


1. https://www.coursera.org/

Coursera adalah website E-Learning favorit saya. Pembelajaran E-Learning disini berbasis video, dan materinya disampaikan langsung oleh pengajar dari universitas-universitas ternama didunia. materi yang ditawarkan sangat beragam, seperti busines economy, computer science, health & medical, art& humanities, dan masih banyak lagi. selain itu, dalam proses pembelajarannya kita diberi deadline untuk menyelesaikan materi (namun dengan waktu yang fleksibel). Setelah menyelesaikan setiap sub bab materi, biasanya akan ada test untuk menentukan apakah kita lulus atau tidak. jika lulus, kita bisa lanjut ke materi selanjutnya, namun jika tidak, kita harus mengulang. Belajar disini ada yang gratis (Tanpa sertifikat), dan ada juga yang berbayar (dengan sertifikat). Biaya untuk mendapatkan sertifikat sekitar USD $50. 

2. https://www.edx.org/

EdX juga merupakan website E-Learning kesukaan saya. Universitas yang turut hadir dalam media ini salah satunya adalah Harvard University, MIT, Berkeley University, dan masih banyak lagi. materi yang ditawarkan pun sangat beragam. Sistem pembelajaran yang digunakan sama dengan coursera, yaitu berbasis video, modul, dan ada juga beberapa kelas yang menggunakan direct face to face dengan menggunakan webcam. namun pada website ini,  kebanyakan kelas yang ditawarkan tidak berlangsung lama. sehingga apabila kita telat mendaftar atau gagal ditengah jalan, kita tidak bisa mengikutinya lagi, atau harus menunggu beberapa waktu sampai kelas baru dibuka. Belajar disini ada yang gratis (Tanpa sertifikat), dan ada juga yang berbayar (dengan sertifikat). Biaya untuk mendapatkan sertifikat sekitar USD $50 - USD $100 

3. https://www.udacity.com/ 

Udacity sangat terkenal bagi orang-orang yang menggeluti dunia computer science, website, dan developer. banyak perusahaan besar yang merekrut lulusan dari pembelajaran online di situs ini, seperti Google, Apple, Microsoft, dan sebagainya, sehingga kualitas pembelajaran yang ditawarkan tentu tidak diragukan lagi. Ada dua program yang ditawarkan, yaitu nanodegree program (berbayar & bersertifikat), dan free course. Biaya untuk mengikuti nanodegree program adalah USD $200/ bulan, dan setiap program bisa diselesaikan dalam jangka waktu 6 - 12 bulan. 

4. https://www.khanacademy.org/ 

Sedikit berbeda dengan coursera dan EdX, Khan Academy adalah website pembelajaran yang berbasis video. materi yang ditawarkan cukup beragam, namun tidak semua pengajarnya adalah pengajar resmi dari sekolah atau universitas, melainkan ada juga yang merupakan praktisi, atau bahkan sekedar wawancara biasa, sehingga meteri yang diberikan bukanlah academic base. Namun meski begitu, Khan academy tetap menarik untuk dipelajari. semua materi yang ada disini gratis, tidak ada batasan waktu, dan tidak ada sertifikat. 

5. https://www.udemy.com/ 

Kebanyakan kelas yang ditawarkan Udemy adalah kelas berbayar dengan kisaran harga USD $10 - $500 / kelas (sampai selesai). Sama seperti Khan Academy,  tidak semua pengajarnya adalah pengajar resmi dari sekolah atau universitas. Namun yang menarik adalah, variasi yang ditawarkan oleh Udemy lebih beragam. Tidak hanya pengetahuan yang umum didapat dari bangku kuliah, namun ada juga kelas-kelas seperti Wing-cun, kung fu, yoga, cooking, dan sebagainya. 

6. https://alison.com/ 

Bagi kamu yang mempunyai koneksi internet terbatas tidak perlu khawatir. Alison menawarkan sistem pembelajaran yang kebanyakan berbasis text, sehingga lebih ringan dan hemat akses internet. meskipun berbasis text, Alison tetap menawarkan materi yang menarik dengan diselingi gambar-gambar agar kita tidak bosan. menariknya lagi, kita bisa mendapat sertifikat dengan gratis apabila lulus dari kelas yang diikuti! 

7. https://www.edmodo.com/ 

Edmodo dikhususkan untuk anak SD, SMP, dan SMA. Edmodo adalah jaringan pendidikan global yang membantu menghubungkan semua peserta didik dengan orang dan sumber belajar yang dibutuhkan untuk mencapai potensi penuh mereka. pembelajaran disini terbilang unik, karena guru, siswa, dan orang tua yang mendaftar harus saling terhubung. 

8. https://video.quipper.com/id 

Tentu kalian tidak asing lagi dengan Quipper Video, kan? website E-Learning ini sudah sering kali tampil di comercial break layar kaca. Quipper Video menawarkan materi untuk anak SMP dan SMA, terutama bagi mereka yang ingin mempersiapkan diri untuk masuk SMA (bagi anak SMP) dan perguruan tinggi (bagi anak SMA). Materi yang ditawarkan sangat lengkap, serta dilengkapi latihan soal dan pembahasan. Biaya yang perlu dikeluarkan pun cukup murah. hanya dengan Rp 380.000, kita sudah bisa menikmati semua fasilitas di Quipper Video. 

9. https://www.zenius.net/ 

Zenius adalah website E-learning kesukaan saya waktu SMA dulu. website ini menyediakan materi untuk SD, SMP, dan juga SMA. Materi yang disampaikan sangat menarik dan penjelasan yang diberikan cukup mudah dipahami. selain itu ada juga informasi-informasi tambahan yang menarik untuk dipelajari, diluar materi sekolah. selain berbasis online, Zenius juga ada kelas offline, dan juga menyediakan DVD pembelajaran lengkap yang bisa dibeli di Gramedia. kita bisa menikmati fasilitas Zenius dengan gratis, atau berbayar jika menginginkan versi yang lebih lengkapnya. 

10. http://elearn.xlfutureleaders.com/ 

XL Future Leaders adalah program CSR dari PT. XL Axiata berbasis pelatihan softskill untuk mahasiswa/i tahun ke 2 dan 3 dari seluruh indonesia. Dalam program ini, peserta diberi berbagai macam pelatihan seperti entrepreneurship, managing change, creative & innovative, dan sebagainya. Nah, E-learning ini adalah materi yang diajarkan oleh XL Future Leaders untuk peserta programnya. Sehingga diharapkan ilmu dari program XL Future Leaders tidak hanya bisa dinikmati oleh peseta programnya, tapi juga bisa dinikmati semua orang.  Nah, itu dia 10 website E-Learning yang wajib kamu coba. Mana yang jadi favoritmu?



Artikel ini pernah dipublikasikan di : http://www.kompasiana.com/dilanurfadhilah/ini-dia-10-website-e-learning-yang-harus-kamu-coba_56d00dcd737e61d91dc30b7a

You Might Also Like

2 Comments

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. thanks for sharing this dilla .. nice posting... kapan2 ketemuan yuks? masih di tangerang?

    BalasHapus