Smartfren 4G LTE, Operator Sellular Underrated?


Kali ini saya mau review tentang salah satu operator seluler indonesia yang jarang dilirik orang, Smartfren.

Kenapa tiba tiba saja saya review operator seluler? Karena Smartfren ini kualitasnya cukup oke,  sekaligus Satu-satunya operator seluler yang support VoLTE dan VoWifi.

Smartfren merupakan salah satu anak perusahaan dari Sinarmas. Sejak bulan oktober 2017 lalu, secara resmi Smartfren mematikan seluruh jaringan CDMA miliknya. Kini, semua jaringan Smartfren sudah full 4G LTE Advance pada frekueansi TDD 2300Hz (Band 40) dan FDD 850 Hz (Band 5). Jadi gak ada lagi tuh kuota internet dibagi-bagi menjadi 2G/3G/4G, dan hampir semua HP 4G sudah support untuk frekuensi Smartfren ini.

Nah, sebelum kamu memutuskan untuk pakai Smartfren, pastikan HP 4G kamu sudah Support frekuensi ini ya. karena kalau tidak, maka tentunya tidak akan keluar sinyal. Untuk lihat frekuensi HP kamu udah support atau belum, kamu bisa cek langsung spesifikasi di website GSM Arena seperti berikut:

Kalau Network 4G bands HP kamu sudah memiliki frekuensi berikut: 5(850) dan 40(2300), Selamat, HP kamu udah support Smartfren 4G LTE!

Karena sudah full 4G tanpa ada 2G dan 3G, maka konsekuensinya adalah, jalur telepon dan SMS juga harus menggunakan jalur internet 4G. Oleh karena itu, Smartfren menjadi satu-satunya operator yang support teknologi VoLTE (Voice Over LTE), yaitu fitur yang bisa mengkonfersi suara (telepon) dan SMS ke jalur LTE. Karena berada pada jalur LTE, maka kualitas suara dan video call ini dijamin bagus (High Definition), jernih dan minim noise.

Selain itu, karena sama-sama berada pada jalur data LTE pula, maka kita bisa tetap download video sambil menelepon tanpa terputus salah satunya. Asik kan?

Tapi perlu catatan khusus disini. Tidak semua HP sudah Support VoLTE. Hanya HP tertentu saja, dan pada umumnya HP andromax atau OMH (merek HP yang bekerja sama/bundling dengan Smartfren) yang sudah support teknologi VoLTE.

Nah, kalau HP kamu punya frekuensi yang sesuai tapi belum support VoLTE, konsekuensinya adalah HP kamu jadinya cuman bisa buat Internetan aja, gak bisa buat nelpon / SMS. Sebenarnya Smartfren sudah memfasilitasi kelemahan ini dengan adanya aplikasi Smart VoLTE yang bisa didownload di Play store / I OS. Namun sayangnya, aplikasi ini tidak berjalan dengan baik di beberapa tipe device, dan masih cukup banyak bug yang ditemukan.

Selain VoLTE, ada juga fitur VoWifi, yang memungkinkan kita untuk bisa nelpon dan SMS dengan sambungan wifi. Jadi meskipun Smartfren ini kita bawa keluar pulau dimana gak ada sinyal, kita tetap bisa nelpon dan SMS hanya dengan menyambungkan ke koneksi wifi terdekat. Tapi sekali lagi, tidak semua device yaa bisa support fitur VoWifi.

Harga paket internet Smartfren juga bisa dibilang cukup murah dibandingkan operator lain. Untuk lihat detail paket dan harganya, bisa KLIK DISINI

Jadi, buat kamu yang lagi bingung mau pakai operator apa untuk internetan, dan merasa operator kesayangan itu makan hari harga kuota nya makin mahal, Gak ada salahnya mulai melirik dan mencoba si Smartfren 4G LTE ini.

Cheers!

You Might Also Like

0 Comments