#Bedah Buku: Dunia Sophie (Jostein Gaarder)

Siapa sangka kalau belajar tentang filsafat bisa menyenangkan (Sekaligus menyesatkan)?

Ada satu novel filsafat unik karya penulis terkenal Jostein Gaarder yang berjudul Sophie's World, atau terjemahannya dalam bahasa indonesia berjudul Dunia Sophie.


Novel ini menceritakan tentang Sophie, Gadis kecil yang tiba tiba saja mendapat surat misterius dari seorang yang tidak dikenal bertuliskan "Siapa Kamu?"

Pertanyaan sederhana, namun bisa membuka banyak pertanyaan yang sangat kompleks didalamnya. Melalui satu pertanyaan sederhana ini, kita akan "diseret" ke masa lalu, era para filsuf yunani kuno seperti Socrates, Plato, Aristoteles, dan sebagainya.

Novel ini membawa kita kepada masa dimana ilmu pengetahuan belum berkembang seperti sekarang ini, sehingga pada masa itu, orang berusaha mencari suatu penyebab dari suatu kejadian alam (seperti hujan/musim kemarau) berdasarkan imajinasi saja. Maka muncullah yang namanya dewa Hujan, dewa petir, dan dewi kesuburan dan diyakini sebagai penyebab kejadian alam tersebut.

Alur cerita yang dipaparkan dalam novel ini sangat menarik dan sangat tidak membosankan. Misteri-misteri yang diceritakan membuat kita semakin terbawa dalam cerita. Jostein Gaarder juga memaparkan sejarah filsafat dengan cukup lengkap dan menarik, dimulai dari era yunani kuno hingga era kontemporer.

Buku ini juga tersedia versi E-Book nya yang bisa kalian beli di PlayStore, juga kalau mau hemat, bisa beli buku bekas yang sudah banyak tersedia di online Store.

Cheers!

You Might Also Like

0 Comments