Berberes Setelah Makan di Restoran, Perlukah Dibudayakan?

Apa yang kamu lakukan setelah makan di restoran? Langsung ditinggal atau diberesin?

Jujur loh ya.

Hampir sebagian warga Indonesia tidak dibiasakan untuk membereskan tempat makan setelah mereka selesai makan di restoran. Saya juga demikian, tidak pernah diajarkan untuk membereskan bekas makanan kalau kita makan di restoran, baik sama orang tua ataupun disekolah.

"Membereskan tempat makan ya kalau makan di rumah aja. Makan di restoran? Ops, kan sudah ada pelayan yang memang tugasnya beresin. Jadi buat apa kita repot?"
Kurang lebih itu yang menjadi alasan kita untuk gak beresin bekas makan kita kalau lagi makan di restoran, iya kan?

Beberapa waktu lalu, Salah satu waralaba cepat saji yang cukup populer di Indoesia, KFC, mengkampanyekan tentang budaya berberes setelah makan.

Begini bunyi postingannya:


Saya cukup tertarik dengan postingan berberes ini. Pasalnya, saya tahu kalau di luar negeri sana, terutama di negara maju seperti Jepang, hampir semua warganya sadar diri untuk membereskan bekas makan mereka sendiri.

Setelah postingan muncul, seketika itu juga, beragam komentar datang dari kalangan netizen.

Komentar terbagi menjadi dua, mereka yang setuju dan mereka yang menolak untuk melakukannya.



 Ini hanyalah sebagian kecil komentar dari mereka yang kontra dengan pernyataan KFC tersebut.
"buat apa makan di restoran, bayar pajak pelayanan, kalau harus berberes sendiri.?" kurang lebih seperti itulah komentarnya.

Well tapi tentunya tidak semua orang kontra dengan #BudayaBeberes yang digalakan KFC. Banyak juga orang-orang yang setuju dan mendukung kebijakan dari KFC tersebut.
Begini komentar mereka:





Kenapa Harus Berberes Setelah Makan Di Restoran?

Mungkin ada juga yang pernah mengalami hal seperti teman kita dibawah ini;


Ketika beresin meja sendiri, malah dianggap aneh, bahkan pernah juga si pelajan justru melarang kita bersih bersih, dan berkata : "Wah gak usah mba, biar saya aja yang beresin"

Sebenarnya, kesadaran berberes meja makan bukan semata-mata karena ada pelayan restoran jadinya kita gak perlu beres-beres.

Beberapa restoran di lokasi strategis, ketika jam sibuk akan sangat kebanjiran pengunjung. Seringkali pelayan pun tidak bisa membereskan semua tempat dengan rapih dan cepat. Hal ini membuat pelanggan yang datang berikutnya tentunya merasa tidak nyaman, karena meja kotor dan berantakan.

Bekerja di bidang bisnis kuliner tentunya bukan perkara mudah. Senyuman tetap harus merekah meskipun fisik tubuh sangat lelah. Jadi, kebiasaan sederhana seperti berberes setelah makan bisa sangat membantu beban para pramusaji di restoran.

Selain itu, Berberes setelah makan juga bisa menunjukkan kepribadian kita sebagai orang yang bertanggung jawab, peduli sesama, dan cinta kebersihan. Kebiasaan sederhana ini tentu menjadi hal yang perlu untuk dilestarikan dan dibudayakan.

Gak usah pikirin orang lain akan menghujat atau mengabaikan, karena perubahan itu datang dan dimulai dari diri kita sendiri.

Oh iya, satu lagi nih, ada video dari salah satu netizen yang juga mengajak kita untuk berberes setelah makan. yuk kita tonton sebentar;

#TumpukDiTengah
https://twitter.com/edwardsuhadi/status/1085725401517678592?s=08

You Might Also Like

2 Comments

  1. ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq^^com...
    segera di add black.berry pin 58CD292C.

    BalasHapus
  2. numpang promote ya min ^^
    Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus