10 Alasan Untuk Berhenti Minum Kopi

Saya pernah menjadi seorang “pecandu” kopi.

Sehari bisa minum 2 – 3 cangkir kopi Robusta dengan kadar kafein tinggi.

yaa, Kopi sangat membantu aktifitas pekerjaan sehari-hari Saya. Sehari aja telat minum kopi, kepala di bagian tengkuk leher rasanya sakit. Kalau udah begitu, saya harus buru buru minum kopi agar rasa sakitnya hilang.

Hal ini saya Rasakan mungkin hampir 1 Tahun. Kopi menjadi bagian dari hidup saya. Belum melek rasanya kalo belum minum kopi.

Sampai pada suatu titik saya merasa: “ini gak sehat, dan saya harus berhenti kecanduan kafein”

Jadii., Artikel hari ini adalah tentang kafein: zat yang kita semua sukai dan nikmati.
Kita akan membahas lebih detail tentang kafein, dan beberapa alasan terbaik untuk segera berhenti minum kopi.

Apa yang terjadi didalam tubuh kita ketika kita minum kopi?

Dalam 10 menit setelah minum kopi, kafein akan masuk ke aliran darah dan tekanan darah serta detak jantung Kamu mulai meningkat.

Setelah 20 menit, Kamu mulai menjadi lebih waspada, dan tingkat konsentrasi Kamu mulai membaik. Ini yang biasanya paling disukai oleh pecinta kopi.

Dalam 30 menit, kemampuan atletik Kamu akan meningkat karena terjadi aktifitas peningkatan efisiensi neuron motorik. Itulah sebabya dalam Olimpiade olahraga, Atlet dilarang memiliki kadar kafein tinggi dalam darah.

Dalam 12 jam, semuanya kembali normal, dan setelah 12 jam, tubuh Kamu mulai mengalami gejala “penarikan” karena tidak mengonsumsi kafein lagi.

Yess, kopi memang enak dan punya efek luar biasa.
Tapi, yang lebih penting…
mari kita beralih ke alasan mengapa Kamu mengklik artikel ini.

10 Alasan Berhenti Minum Kopi

Sebenarnya, ada banyak alternatif sehat selain kopi yang masih mengandung kafein. Misalnya, sejak mama saya beli teh hijau yang dibawa dari Medan, sekarang saya jadi minum teh hijau secara teratur. Teh hijau juga memiliki Kafein, namun dengan kadar yang lebih rendah. Selain itu, teh hijau mengandung L-Theanine, zat yang memberikan rasa rileks dan tenang tanpa rasa kantuk.

Nanti kita bahas lebih jaun pengalaman saya beralih dari pecandu kopi menjadi penikmat teh hijau yaa 😊

Jadi, kenapa kita sebaiknya mengurangi atau bahkan berhenti minum kopi?

1. Kafein Dapat Mengurangi Kualitas Tidur Kamu

Tentunya kita tahu bahwa kafein merupakan stimulan alami bagi otak, namun hal ini akan berpengaruh pada pola tidur kita dan kualitas tidur yang kita dapatkan.

Kafein dalam kopi masih beredar dalam aliran darah selama 12 jam sejak terakhir kali Kamu meminumnya. Meskipun Kamu tidak minum kopi sebelum tidur, kafein itu masih dapat mempengaruhi jumlah tidur nyenyak yang Kamu dapatkan.

Mereka yang telah berhenti minum kafein sering mendapatkan kualitas tidur yang meningkat setiap malam. Oleh karena itu, secara alami mereka lebih beristirahat untuk hari berikutnya.

Orang yang mengonsumsi kopi memiliki kualitas istirahat yang buruk, sehingga mereka akan merasa lebih mudah lelah dan mengantuk dibandingkan orang yang tidak mengonsumsi kopi.

2. Setelah Beberapa Waktu, Kopi Tidak Memberi Kamu Energi Lagi

Banyak dari kita minum kopi setiap hari karena kita membutuhkan tambahan energi di pagi hari untuk menjalani hari. Namun, seiring waktu, tubuh kita membangun toleransi terhadap hal ini, dan kita benar-benar tidak melihat manfaat energi lagi dari minum kopi setiap hari.

Jika Kamu berhenti minum kopi untuk sementara waktu, dan kemudian meminumnya sesekali setelahnya, Kamu akan merasakan manfaat penambah energi sekali lagi.

Jadi kalau Kamu minum kopi setiap hari murni karena Kamu pikir itu memberi Kamu lebih banyak energi, kemungkinan besar itu tidak memiliki pengaruh nyata pada tingkat energi Kamu.

3. “Kecanduan” Apapun Bentuknya, Itu Tidak Baik

Mengandalkan zat apa pun adalah hal yang berisiko. Jelas, semakin buruk substansinya, semakin serius masalahnya. Obat-obatan terlarang jelas merupakan beberapa kasus kecanduan yang paling buruk. Namun, memiliki kecanduan zat apa pun tidak sehat.

Jika Kamu kecanduan kopi, dan Kamu mengandalkannya setiap hari, itu tidak sehat. Mengalahkan kecanduan apa pun akan memberi Kamu lebih banyak kebebasan dan kekuasaan atas diri sendiri.

4. Kamu Dapat Menghemat Banyak Uang dengan Berhenti Minum Kopi

Berapa budget yang kamu keluarkan untuk beli secangkir kopi di café favoritmu?

Coba kalikan dengan berapa banyak dalam sebulan kamu membeli kopi tersebut, Kamu mungkin akan terkejut melihat hasilnya.

Seiring dengan banyaknya jenis pekerjaan remote-working, Sangat mudah untuk pergi dan bekerja di cafe, dan menghabiskan beberapa cangkir kopi disana. Mungkin juga kamu kesana karena harus meeting dengan client, atau nongkrong dengan teman.

Seorang teman saya cukup kaget karena dia menghabiskan hampir 3jt dalam sebulan hanya untuk kopi, dan selama ini dia bingung kenapa kok sulit sekali menabung?

5. Kopi Dapat Menyebabkan Kerusakan dan Noda pada Gigi

Sebenarnya hanya perlu 1 cangkir kopi sehari untuk mulai menodai gigi Kamu. Ini juga kasus yang sama untuk jenis teh tertentu.

Tergantung dari mana Kamu mendapatkan kopi, dan berapa banyak gula yang Kamu masukkan ke dalamnya, kopi juga dapat menyebabkan kerusakan gigi. Ini biasanya terjadi jika Kamu minum kopi dan latte beraneka rasa dari café favoritmu

6. Tidak Ada Lagi Bergetar Karena Kafein

Saya masih ingat pertama kali minum double shoot espresso dari kafe langganan saya.
Bergetar., Lemas, itu yang saya rasakan.

Karena kafein adalah stimulan alami dan secara teratur diinduksi untuk memberi orang lebih banyak energi, kafein dapat membuat orang gemetar jika mereka mengonsumsi terlalu banyak.

Jika Kamu minum banyak kafein, dan Kamu sering mengalami tangan gemetar atau gemetar, kemungkinan besar Kamu mengalami salah satu dari banyak efek samping dari mengonsumsi terlalu banyak kafein.

7. Kafein Mempengaruhi Mood Kamu

Kopi sebenarnya memiliki pengaruh pada suasana hati Kamu. Bagi yang terbiasa minum kopi dengan sangat teratur, akhirnya bisa menjadi begitu terkonsumsi, sehingga jika tidak meminumnya pada waktu yang biasa, bisa membuat moody.

Berhenti mengonsumsi kafein akan menghilangkan fluktuasi suasana hati Kamu, yang dikendalikan oleh kecanduan Kamu terhadap kopi.

Jangan biarkan zat dan pengaruh lain memengaruhi suasana hati dan emosi Kamu, dan cara Kamu bertemu orang lain. Mereka seharusnya tidak memiliki kekuatan apa pun dari Kamu.

8. Berhenti Minum Kopi Dapat Menurunkan Tekanan Darah Kamu

Kafein dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah Kamu. Ini mungkin hanya menyebabkan peningkatan untuk waktu yang sangat singkat, tetapi peningkatannya akan dramatis.

Bagi siapa saja yang angka tekanan darahnya sudah tinggi, minum banyak kopi bisa berakibat serius.

Namun, berhenti minum kopi dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah Kamu, dan menghentikan Kamu dari risiko penyakit terkait.

9. Kafein Dapat Meningkatkan Kecemasan Kamu

Telah terbukti fakta bahwa kopi sering meningkatkan tingkat kecemasan banyak orang. Ini karena cara kafein meningkatkan jumlah adrenalin dalam tubuh Kamu.

Memutuskan untuk berhenti dari kafein sepenuhnya dapat menjadi solusi yang bagus bagi siapa saja yang menderita kecemasan, terutama jika mereka mulai merasakan tingkat kecemasan mereka meningkat.

10. Konsumsi Kopi Mengurangi Tingkat Penyerapan Nutrisi

Telah ditemukan bahwa mereka yang mengonsumsi kopi secara teratur mengatasi peningkatan kadar buang air kecil. Skenario seperti itu dapat menyebabkan keluarnya mineral yang diperlukan seperti magnesium, kalsium, dan kalium dari tubuh. Hal ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh dan proses ini juga dapat menghilangkan mineral berharga yang dibutuhkan untuk pemeliharaan tubuh.

Bagaimana Cara Mengurangi Asupan Kafein?

Jadi sekarang setelah Kamu melihat 10 alasan utama untuk berhenti minum kopi, Kamu mungkin bertanya-tanya apakah ada tips bermanfaat yang dapat Kamu gunakan untuk mengurangi asupan kafein. Lihat beberapa langkah berikut:

1. Ganti kopi dengan teh hijau

Teh hijau sebenarnya sangat sehat, dan bisa menjadi pengganti kopi yang bagus. Tentu, itu masih mengandung sedikit kafein, tetapi jauh lebih sedikit daripada kopi, dan semua antioksidan yang terkandung pasti menjadikannya pengganti yang bagus.

2. Ubah Rutinitas Kamu

Kemungkinan Kamu minum banyak kopi karena rutinitas Kamu. Mungkin Kamu tiba di tempat kerja ketika semua orang sedang menyajikan kopi, atau mungkin Kamu berkendara/berjalan melewati kedai kopi favorit Kamu dalam perjalanan ke tempat kerja.

Jika ini masalahnya, ubah rutinitas Kamu. Berjalan dengan cara yang berbeda untuk bekerja dll. Jika ada sesuatu dalam rutinitas Kamu yang membuat Kamu sangat mudah untuk terus meneguk secangkir kopi, cobalah dan ubah.

3. Kurangi Asupan Kamu Secara Perlahan

Jika Kamu minum dua cangkir kopi sehari, coba hilangkan cangkir kedua. Mungkin menemukan minuman sehat lain yang benar-benar Kamu nikmati. Minumlah ini pada waktu yang biasa Kamu minum kopi kedua, dan itu akan membantu memuaskan dahaga Kamu.

4. Kurangi Jumlah Kopi Yang Kamu Minum

Mulailah memasukkan lebih sedikit kopi ke dalam kopi Kamu. Batasi kekuatan kopi dan jumlah kafein yang Kamu konsumsi. Jika Kamu sering minum kopi di Cafe, mulailah membuatnya sendiri. Lebih hamat pastinya.

5. Olahraga Pagi

Kalau kamu merasa belum “melek” atau belum “bertenaga kalau belum minum kopi, cobalah untuk melakukan olahraga di pagi hari sebelum memulai aktifikas.

Olahraga dapat meningkatkan aliran darah didalam tubuh dan membuat tubuh lebih terjaga.

Jadi, Baiknya Bagaimana?

Saya gak benci kopi. Saya suka rasa kopi apalagi dengan susu dan sedikit gula aren yang gurih. That’s really awesome!

Tapi, kali ini, saya minum kopi bukan karena saya “Butuh” kopi.
Tapi karena saya “menikmati” rasa kopi.

Sekarang saya bisa tetap sebar di pagi hari tanpa minum kopi, dan saya memiliki waktu istirahan yang jauh lebih berkualitas.

Saya rutin mengonsumsi teh hijau karena memiliki manfaat yang saya rasakan lebih baik bagi tubuh saya. Nanti kita akan bahas lebih jauh tentang the hijau yaa

Iklan ada di sini

Komentar

  1. Mr Green is the new casino from the gaming industry | Drmcd
    Mr Green, the former 경상북도 출장마사지 CEO of online 태백 출장안마 casino Mr Green, is a seasoned 군산 출장안마 veteran with a proven 포항 출장샵 track 밀양 출장안마 record,  Rating: 4.2 · ‎2 votes

    BalasHapus

Archive

Formulir Kontak

Kirim