5 Alasan Kenapa Saya Lebih Suka Drama Jepang (J-Drama)



Kepopuleran drama korea (K-Drama) sangat digandrungi banyak orang beberapa tahun belakangan ini. Banyak juga teman-teman saya hampir tiap hari pasti nonton K-Drama.

Well, memang K-drama bagus sih, apalagi kalo dibandingin sama sinetron indonesia yang isinya...
ya... gitu deh...
ah, sudahlah...

Saya juga sempat nonton beberapa seri K-Drama, tapi hampir semuanya tidak pernah saya tonton sampai tamat. Paling mentok hanya sampai episode 5 atau 7.

Meskipun awalnya lebih dulu populer dari K-drama namun perlahan mulai tergeser, Tapi ada 5 hal yang membuat saya tetap jadi penggemar setia J-Drama (Japan Drama). Ini dia alasannya:

1. Jalur cerita fokus pada tema utama.
Maksudnya begini, misal di J-drama, tema utamanya tentang dokter, maka pasti ceritanya gak akan jauh jauh dari rumah sakit, operasi, pasien, dan sebagainya. Berbeda dengan K-Drama yang saya perhatikan ujung-ujung ceritanya pasti mengarah ke romance, dan tema utama jadi dikesampingkan. Berhubung saya bukan penikmat drama dengan genre romance, tentu ini cukup mengganggu buat saya.

2. Makna dalam J-Drama seringkali lebih dalam.
Bukan rahasia umum lagi kalau J-Drama seringkali memberikan makna dan pesan cerita yang lebih dalam dan lebih 'ngena' jika dibandingkan K-Drama. J-Drama seringkali memberikan pesan cerita berupa semangat hidup, meraih cita-cita, persahabatan, kekeluargaan, dan semacamnya. Semntara Drama korea, biasanya gak jauh-jauh dari percintaan.

3. Wajah cantik dan tampan bukan yang utama.
Kalau kita lihat K-Drama, bisa kita perhatikan bahwa 80% pemainnya memiliki wajah yang cantik dan tampan. Apalagi pemain utamanya. Berbeda dengan J-drama, dimana wajah yang rupawan atau tubuh semampai bukan segalanya, bahkan ada beberapa drama dimana pemain utamanya tidak cantik/tampan, tapi drama tersebut tetap sukses mendapat rating tinggi.

4. Harta bukan segalanya.
Hampir semua drama korea pasti memiliki artis yang berperan sebagai orang kaya materialistis dan glamor serta memiliki pengaruh besar. Berbeda dengan drama Jepang yang jarang menunjukkan hal itu. Bahkan sering kali tokoh utama digambarkan sebagai orang yang sederhana. Kalaupun berasal dari keluarga kaya dan berpengaruh, biasanya mereka sembunyikan dari teman-temannya.


5. Cerita, alur, dan tokoh yang unik.
Berbeda dengan drama korea yang kebanyakan cerita dan karakter tokohnya yang mudah dicerna dan ditebak, Drama Jepang memiliki cerita dan tokoh yang unik. Sebenarnya tergantung selera sih, tapi saya tipe yang suka dengan hal-hal yang lebih rumit dan perlu berfikir sedikit untuk memahami suatu cerita. Karena bukankan itu membuatnya lebih berbobot dan menarik untuk ditonton?

Jadi bagaimana menurutmu?

You Might Also Like

0 Comments