Bagaimana Mengatasi Stress dan Memperbaiki Kesehatan Mental

Gambar: helpguide.org

Sebagaimana kesehatan fisik yang bisa ditingkatkan dan dijaga, kesehatan mental pun juga bisa ditingkatkan. Secara beriringan, meningkatkan kesehatan mental dapat meningkatkan kesehatan fisik. Bahkan dapat mencegah masalah berubah menjadi penyakit mental yang serius. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membantu meningkatkan suasana hati dan mengajak orang lain untuk bertanggung jawab atas kesehatan mental mereka.

Bersilaturahmi, Mengobrol Dengan Teman

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa hubungan sosial yang positif meningkatkan kesehatan mental. Koneksi ini bisa datang dari teman, keluarga atau kelompok pendukung dengan orang-orang yang berpikiran sama. Dalam meta-analisis studi tentang kesehatan mental oleh Tayebeh Fasihi Harandi dan rekan, peneliti menyatakan bahwa dukungan sosial memberi orang perasaan diperhatikan, dicintai, dan dihormati. Ini mengarah pada berkurangnya kecemasan, depresi, dan masalah lainnya.

Pertahankan Sikap Positif

Pikiran negatif mempengaruhi kesehatan fisik dan mental. Berfokus pada hal positif sebanyak mungkin meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Otak sebenarnya dapat diatur ulang untuk berpikir positif dengan lebih banyak latihan, menurut Mental Health America. Melacak apa yang Anda syukuri setidaknya sekali seminggu adalah awal yang baik.

Berusaha untuk Tetap Aktif

Olahraga telah terbukti meningkatkan kesehatan mental dengan mengurangi depresi, suasana hati negatif, dan kecemasan. Berolahraga dengan teratur juga meningkatkan harga diri dan fungsi kognitif. Menjadi aktif setidaknya selama tiga puluh menit, tiga kali seminggu sudah cukup untuk mendapatkan manfaat ini, menurut surat yang dikirimkan ke The Primary Care Companion ke Journal of Clinical Psychiatry oleh Dr. Ashish Sharma dan rekan.

Tingkatkan Kegembiraan dan Humor

Kegembiraan dapat meningkatkan suasana hati Anda, melawan stres, dan bahkan membantu mengelola penyakit. Tertawa adalah obat yang baik - penelitian menunjukkan bahwa itu meningkatkan relaksasi, mengurangi kecemasan dan mengurangi rasa sakit, menurut Mental Health America. Pergi ke klub komedi, kumpulkan koleksi foto yang membuat Anda tersenyum atau simpan daftar lelucon favorit Anda.

Dukung dan Bantu Orang Lain

Membantu orang lain dapat meningkatkan perasaan positif. Para peneliti yang mempelajari neurobiologi menemukan bahwa memberikan dukungan sosial mengurangi aktivitas yang berhubungan dengan stres di otak, menurut sebuah studi oleh Tristen K. Inagaki dan rekan-rekannya di Psychosomatic Medicine. Ini bisa berupa sesuatu yang sederhana seperti membantu tetangga yang sudah lanjut usia, menjadi sukarelawan di penampungan hewan, atau menjadi bahu untuk menangisi seorang teman.

Iklan ada di sini

Komentar

Archive

Formulir Kontak

Kirim