Mengapa Kesehatan Mental Itu Penting? (Part 2)

Sumber: bisnis.com
Mengapa Kesehatan Mental Penting?

Menjaga kesehatan mental yang baik tidak hanya penting untuk suasana hati atau kesejahteraan emosional Anda, tetapi juga mempengaruhi kesehatan fisik Anda. Para peneliti telah membuktikan bahwa menjaga pikiran juga membantu tubuh dan banyak aspek kehidupan lainnya.

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti Hsing-Yi Chang dan rekan-rekannya di Archives of Gerontology and Geriatrics, para peneliti mempelajari kesehatan mental orang yang merawat anggota keluarga yang sakit kronis. Mereka menemukan bahwa dukungan emosional yang rendah dan kesehatan mental yang buruk meningkatkan gejala penyakit dan penyakit kronis pada pengasuh.

“Banyak penyebab masalah kesehatan mental juga memiliki konsekuensi fisik, dan penyakit mental memperburuk prognosis berbagai penyakit fisik, terutama penyakit jantung, diabetes, dan kanker.”

Seena Fazel, psikiater dan peneliti di Universitas Oxford

Orang dengan tingkat tekanan mental tertinggi memiliki kemungkinan 32 persen lebih tinggi untuk meninggal karena kanker, dan risiko penyakit jantung lebih tinggi pada orang dengan depresi, menurut Mental Health Foundation.

Dalam kasus yang paling ekstrim, penyakit mental yang serius dapat mengurangi harapan hidup seseorang 10 hingga 20 tahun, menurut ulasan oleh psikiater Universitas Oxford Edward Chesney, Guy M. Goodwin dan Seena Fazel yang diterbitkan di World Psychiatry.

“Banyak penyebab masalah kesehatan mental juga memiliki konsekuensi fisik, dan penyakit mental memperburuk prognosis berbagai penyakit fisik, terutama penyakit jantung, diabetes, dan kanker,” kata Fazel kepada Universitas Oxford pada tahun 2014. “Stigma seputar kesehatan mental dapat berarti orang tidak dirawat dengan baik untuk masalah kesehatan fisik ketika mereka menemui dokter.”

Kesehatan mental yang buruk juga dikaitkan dengan pengangguran, pendapatan rendah, kekurangan dan peningkatan perilaku berisiko kesehatan, menurut sebuah artikel oleh peneliti Marc Ashley Harris di Health Psychology Open.

Bagaimana Stres Mempengaruhi Anda

Salah satu penyebab utama kesehatan mental yang buruk adalah stres, atau yang oleh sebagian orang disebut reaksi "lawan atau lari".

Stres membantu orang bertahan dalam situasi berbahaya atau membuat mereka melalui krisis. Tapi sekarang banyak orang hidup dalam mode pertarungan atau pelarian kronis karena stres modern seperti khawatir tentang keuangan, masalah di tempat kerja atau memiliki hubungan yang tidak harmonis dengan pasangan.

FAKTA

Tiga penyebab utama stres di Amerika Serikat adalah tekanan pekerjaan, uang, dan kesehatan.

Menurut American Institute of Stress, tiga penyebab utama stres di Amerika Serikat adalah tekanan pekerjaan, uang, dan kesehatan. Bahkan menurut penelitian tahun 2017, 63% orang Amerika stres tentang masa depan bangsa.

Sekitar 77 persen orang Amerika secara teratur mengalami gejala fisik stres dan 73 persen secara teratur mengalami gejala psikologis.

Mengontrol tingkat stres adalah awal yang baik untuk meningkatkan kesehatan mental. Ketika orang berada di bawah stres, jantung berdetak lebih cepat, pencernaan melambat, tubuh melepaskan lebih banyak gula ke dalam darah dan otot tegang, menurut Mental Health America.

Stres dapat bermanifestasi sebagai masalah fisik termasuk nyeri tubuh, tekanan darah tinggi, makan berlebihan, insomnia, kerentanan terhadap infeksi, sakit kepala kronis dan banyak lagi. Ini juga dapat menyebabkan masalah kesehatan mental yang lebih serius seperti kecemasan atau depresi.

... Lanjut ke Part 3

Iklan ada di sini

Komentar

Archive

Formulir Kontak

Kirim